Menjalankan applikasi Linux di Windows 10? Begini caranya

hosting image
blog list image

Menjalankan applikasi Linux di Windows 10? Begini caranya

Pernah bermimpi untuk bisa menjalankan applikasi linux kesayangan Anda di System Operasi windows? Artikel ini semoga bisa menjawab dan mewujudkan mimpi Anda. Sejak Windows 10 mendukung WSL (Windows Subsystem for Lunux), Microsoft terus mengembangkan berbagai experimen dan usaha terbaiknya untuk bisa memanjakan pengguna windows, khususnya yang sering menggunakan dual boot linux - windows. Usaha keras microsoft ini termasuk pengembangan System Operasi windows yang memungkinkan untuk bisa menjalankan Applikasi linux di Windows.

“Soon you’ll be able to use your favorite Linux IDE or other GUI application alongside your other Windows applications on your Windows desktop,” Microsoft say.
(“Anda akan segera dapat menggunakan IDE Linux favorit Anda atau aplikasi GUI lainnya bersama dengan aplikasi Windows lainnya di desktop Windows Anda,” kata Microsoft.)

Developer team Microsoft telah mengumumkan pada konferensi Build 2020, sebuah tanda prestasi WSL sejak WSL 2 diluncurkan tahun lalu. Meskipun tidak ada tanggal pasti kapan pengguna dapat menjalankan aplikasi GUI Linux di Windows 10, Microsoft mengatakan bahwa kemampuan baru akan bisa dinikmati melalui pembaruan Windows 10 akhir tahun ini, setelah WSL 2 tersedia lebih luas.

menjalankan applikasi linux di windows10

Meskipun terdengar aneh, namun hal ini cukup masuk akal. WSL 2 saat ini benar benar telah menggunakan kernel Linux, dan sistem file WSL yang mendasarinya dapat diakses melalui File Explorer Windows. Penambahan dukungan untuk menggunakan aplikasi GUI lengkap seperti IDE dan editor teks adalah langkah logis berikutnya.

Perusahaan juga telah melakukan upaya rekayasa besar-besaran untuk meningkatkan dukungan GPU untuk aplikasi dari lingkungan WSL. Dukungan untuk aplikasi akselerasi GPU dan alat pengembangan akan tersedia akhir tahun ini. Microsoft telah mengembangkan driver Direct X untuk kernel Linux yang mengatakan memungkinkan "... aplikasi yang berjalan di dalam lingkungan Linux [untuk] memiliki akses yang sama ke GPU sebagai aplikasi asli di Windows".

Biasanya pekerjaan ini lebih diarahkan untuk menjalankan beban kerja intensif komputer (pikirkan Machine Learning, NVIDIA CUDA, dll) daripada menelusuri foto liburan Anda di Shotwell. Namun, terlepas dari itu, pekerjaan tersebut akan mengaktifkan OpenGL dan OpenCL yang dipercepat perangkat keras di WSL melalui Mesa.Library

Driver “Direct X” terbaru dari Microsoft for Linux merupakan applikasi open source dan Microsoft telah merencanakan untuk melakukan upstream bagian yang relevan jika dapat diterapkan. Sampai saat itu, kode sumber bisa Anda download dari kernel Linux resmi Microsoft untuk WSL 2 di GitHub.

Saat ini sebenarnya telah tersedia applikasi pihak ketiga untuk menjalankan aplikasi GUI Linux di WSL menggunakan server X, tetapi hal ini masih membutuhkan setup dan masih rentan terjadi crash.

Selain mampu menjalankan Applikasi Linux di Desktop Windows10, Direcanakan bahwa nanti windows juga memiliki kemampuan untuk install melalui commandline menggunakan perintah winget install namaApplikasi seperti yang sudah berjalan di Linux menggunakan apt-get install namaApplikasi atau di centOS dengan yum install NamaApplikasi

post author image avatar
Tanto Prihartanto
Bestariwebhost.com

Aktif menulis artikel Tutorial Linux, Tutorial wordpress dan Resep Masakan, serta pemilik web hosting Bestariwebhost dan layanan pembuatan website di bestariweb studio.

5 comments

  • commentor avatar image
    • commentor avatar image
  • commentor avatar image
  • commentor avatar image

Leave a comment